blog-indonesia.com JAGA-PELIHARA-LESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP INI - BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, TANAM TANAMAN PADA LAHAN KOSONG, MINIMALISIR PENGGUNAAN AIR BERSIH, KURANGI BERKENDARAAN blog-indonesia.com

Selasa, 21 Juli 2009

Umpan Ikan Mujair

Berikut beberapa resep umpan untuk ikan mujair/nila.

Resep 1
Harian, Kiloan dan Borongan :
  1. Tepung Ketan Rose Brand ¼ kilo.
  2.  Tepung Jagung Maizena ½ bungkus.
  3. Lumut Sawah (yang dipake dalam keadaan setengah basah).
  4. Vanili bubuk 1 sdm
Cara Pengolahan:
Tepung Ketan + Tepung Jagung + Lumut + Vanili = Campur jadi satu + dikukus +/- 5 - 10 menit. Tapi hati-hati dengan lumutnya, karena kalo dikukus mudah hancur.
Resep 2
Umpan yg paling joss buat nila ga ada lain selain lumut sawah, bisa tambahkan sedikit campuran essence vanili, ato coco pandan ke lumutnya tapi tetep pake kail no. kecil. Agar tidak tenggelam, nyantolin umpannya kecil saja atau kalo perlu pake pelampung busa tapi yg kecil....!
Resep 3
Pake Cacing
Yang bagus cacing kristal sih tidak mudah kesobek, kalau mujair nila ya pake lumut tambahan pewangi seperti vanila memang bagus. ..mancing dasar... lempar sejauh-jauhnya... trus di gulung pelan2... berhenti... gulung lagi pelan2... berhenti... begitu terus sampe ada yang senggol tuh umpan... kalo ada yang senggol... berhenti dulu... sampe bener2 dimakan baru gentak... biasanya babon yang sekali samber langsung bawa kabur... hehehe... selamat mencoba....
Resep 4
Umpannya ulat beras. Dikampung biasanya beras disimpan digentong yg terbuat dari tanah liat, nah biasanya klo kelamaan berasnya pada nempel di dalam gentongnya dan biasanya disitu banyak ulat berasnya.
Biasanya ikan mas/nila/mujaer paling galak sama umpan ini.
Resep 5
Menggunakan umpan udang air tawar yang biasa digunakan untuk makanan ikan louhan (pake pelet rasa udang/essence udang).
Resep 6
Menggunakan umpan ulat belimbing yang biasanya ada pada belimbing yang busuk atau kematengan di pohon dan jatuh sendiri ke tanah.

41 komentar:

  1. gk da lagi y selain lymut bwt umapan nila

    BalasHapus
  2. Resepnya patut dicoba! tapi ada gak yang hasil racikan selain pake lumut? hehehe... .

    BalasHapus
  3. Saya pernah coba pake lumut nyantholin ke kailnya susah, jadi gak dapet-dapet ikan...saya penasaran banget tu ikan nila banyak pada keliatan di tengah air jadi di dasar enggah di atas enggak tapi gak da yg mo makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. campurkan air gula merah sampai terasa lengket-lengket,,,,dan pakai kail yang nomernya kecil....nomer 5-7 tergantung seberapa besar diinginkan

      Hapus
  4. nelayan kota20 Juni 2011 18.26

    tq banget's infox.
    Kbtln bxk yg jual lumut, n bahan2 laen yg dsbtin. Cm sayang ikannya yg hampir kagak ad. Hiks2... Sungai t4q dh tercemar, waduk malah dh full pemancing ampe ngalah2in jumlah ikannya. -_-
    Laen kali resep pakan ikan biar cepet gedhe aj dl, baru resep umpannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau mancing NILA BABON, ke Semarang aja... di belakang RSI SULTAN AGUNG Semarang, ada tambak NILA, Ikan NILA nya BABON2. cuma aku gak "tega" makan..... SILAHKAN MENCOBA

      Hapus
  5. ada umpan yg plg jitu yaitu umpan sanekala...
    jika kamu ingin tau umpan sanekala datang aja ke waduk cirata, dan tanya sama tukang jualan umpan, "mas beli umpan sanekala nya 2 bungkus!" tar di kasih sama si penjualnya

    BalasHapus
  6. saya mancing di situ calincing pake umpan cacing,lukut tp kurang bagus tambahan nya pa yah untuk ikan nila...????????

    BalasHapus
  7. kalau mau mancing dapat banyak pakai pancing jaring thailand buatnya senar, kili-kili, timah bolong baru ikatkan jaring ukuran 80 cm ukuran kenur nilon 0,15 mm, lempar ke sasaran danau, kolam pancing usahakan tidak ada sangkutan, tunggu kalau joran ujungnya bergerak tarik pelan-pelan ikan nila/mujaer sudah dapat, ulangi berkali-kali akan dapat banyak hasil pancingnya, selamat mencoba

    BalasHapus
  8. emang mujair susah2 gampang,,ciri2 ikan ini klo dah knyang gakmau nyenggol sdikitpun..tp klo lg laper makanya minta ampun lahapnya..aku biasanya pke umpan lumut direndem pke air yg dah dicampur masako/royco,,cukup mujarab tuk ikan dsini

    BalasHapus
  9. kalau air deras pake lumut batu yang halus...gak usah banyak-banyak..yg penting mata kail tertutup lumut.

    BalasHapus
  10. Silahkan dicoba Mancing Nila Pakai Laron Sayangnya tidak setiap hari ada Laron

    BalasHapus
  11. Laron? wah itu top banget. ikan nila, mujair dan betok paling lahap sama umpan yang satu ini. baru ditaro dah disamber. alhasil, mancing 2 jam dapet ikan setengah ember. sasaran lokasi pancing rawa dan danau.

    BalasHapus
  12. bener bgt tuch yg dikatakan masony pake lumut pasti mujarab bgt.dah g2 dapet'a ikan gede semua. sayang'a di daerah saya susah bgt nyari lumut'a. kir2 ada g yahh yg jual lumut?? please mesage me klo da yg tau.saya tinggal daerah cibubur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di jogja banyak yang jual mameen..

      Hapus
    2. Di Setu Cibinong banyak Mas yg jual lumut, posisinya di sebelah selatan setu, deket kuburan Cina (bukan yg dipinggir pasar)...ada yg halus ada yg kasar tinggal pilih.

      Hapus
    3. buseettt setu cibinong mujairnya kecil2 yg di pancingin, kalo mau mancing lobang pasti dapet gede. caranya turun ke setu bikin lobang pake helm yg sni :D, buat nandain lobang di sebelahnya kasi bambu, pakai mata kail no 10 pelampung panjang jangan yg bulet. ujung mata kail kasi busa putih dikit aja. lempar pas lobang tungguin deh. di jamin dapet mujair besar... :D

      Hapus
  13. di ps jatinegara , mester , mungkin ada mas bro, tp belinya pagi2 sekali ...

    BalasHapus
  14. saya ingin mancing ikan nila di daerah cirata. minta resep(bahan) yg harus di siapkan dan cara membuatnya???

    BalasHapus
  15. tempat membeli umpan sanekala . ditempat pembelian umpan mana yang pasti ada dan apa bahan untuk mencampunya????



    tanxs,, :)

    BalasHapus
  16. CARA MANCING DIPAJAK IKAN GIMANA?????????

    BalasHapus
  17. pake lumut sawah ea?
    coba aaaaaaaaahhhhhhhhhhhh, , , , , ,

    BalasHapus
  18. coba pake daun kangkung muda. kalo lokasi mancingnya ada tumbuh kangkung, itu juga bagus dipake buat umpan. pengalaman saya udah bertahun tahun pake daun kangkung tidak mengecewakan. caranya: petik ujung muda kangkung sebatangnya, kaitkan ke bawah tulang daun {kalo bisa seperti dirajut dari pangkal batang menyusuri tulang daun ke arah ujung daun). rambatan tali kail kurang lebih 60cm ke kili2. seperti biasa pelampung sama timahnya ukuran sedang dan disatukan rapat. ciri mancing ini adalah "ngambang". selanjutnya di usahakan lempar umpannya sedekat mungkin ke pinggiran kangkung yg menjalar ke air.
    tips ini hanya berlaku untuk spot mancing yang ada tumbuh kangkung.
    selamat mencoba

    BalasHapus
  19. dengan kangkung efektif juga, tapi lebih cepat kalo bikin angges dulu, caranya ikat segenggam kangkung, buat yang banyak (3 - 5) lalu ikat dengan senar dan ujung senar dengan batu lalu tempatkan di beberapa lokasi, tinggal nunggu dah mana angges yang dimakan, kelihatan kok saat ikan nila narik2 kangkung, jika sudah ada angges yang dimakan mancing dah di situ syaratnya umpan (bisa lumut atau kangkung) harus lebih dalam dari angges, kalo pake kangkung cari yang daun muda, karena kecil, kalo sulit pake yang tua gak papa tapi setelah kail terpasang di kangkung, lalu kecilkan daunnya pake gunting biar ikan mudah menelan. agak ribet sih tapi dijamin yang makan cuma ikan nila sama gurami (kalo ada), itu cuma tehnik ngumpulin ikan nila liar di sungai yang berarus sedang, kalo pake bom dedak dijamin dah dedaknya bakalan sampe ke laut alias lenyap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. angges monica ...wkwkwkwkwk

      Hapus
  20. saya udah coba kemarin pake umpan lumut kayaknya kurang mau tu ikan nilanya mala pake pelet yang di makan.soalnya yang bikin bingung setiap hari umpan yang di makan ngak perna sama.

    BalasHapus
  21. saya sering mancing nila di sungai air mengalir.
    Umpan lumut cukup ampuh.
    Tapi kta orang'' joran hrus pake yang bebek bebek'an (istilah surabaya) itu bhs indonesiannya apa.?

    BalasHapus
  22. kalau umpan untuk kolam yang banyak aneka ikannya ..kangkung ampuh gak..jangan jangan ikan tawes yang dapet...

    BalasHapus
  23. di pangandaran ikan nyantol nya sama lumut+extrajoss anggur+ air kelapa muda,,,beuhh ga bakal diem deh tuh kail pancingan,,dimakan mulu ma ikan,,,asal tempat mancing nya jangn bnyak ikn" yg kcl nya,,karena ganggu bngt

    BalasHapus
  24. racikan yang unik dan sederhana memakai bahan utama lumut sawah, ok...nanti di coba, jangan lupa mampir di bloggku, www.mongailo.blogspot.com atau klik di sini

    BalasHapus
  25. racikan paling ampuh buat ikan mujair di wduk gajah mungkur wonogiri apa ya?????????????

    BalasHapus
  26. jurus-jurusnya banyak banget mas bro. patut dicobain satu2 nich. makasih infonya.... ;-)

    BalasHapus
  27. tetap lumut umpan mujair yang paling juwos mas bro

    BalasHapus
  28. jalan jalan ke papua timika ikan mujair kayak bantal

    BalasHapus
  29. umpan yg jitu pakai lumut campur royko ayam, alat pancing nya gunakan tegek atau setik yg panjang.sya dah buktiin sendiri hasil nya memuaskan.jangan lupa di boom dlu dengan lumut lokasi air tempat kita mancing.selamat mencoba

    BalasHapus
  30. saya sering mancing malam di jember didesa gumukmas ada satu rawa namanya rawa kuro.saya mancing pakai umpan lumut ya lumayan kalou dapat ikanya bisa mencapai 15 kg selama..tapi kalo udah ada rejekinya.....kalau mancing siang agak kasulitan dengan angin atau ikan nila kecil2 tapi kalau malam heemmmmmmmmm assikkkkk bangettt pkonya hanya dengan lumut sawahhhh istimewa silahkan datang kejember desa gumukmas

    BalasHapus
  31. untuk rangkaian mancing pake lumut,bagus yg 2 mata pancing pa yg renteng Bos...makasih...

    BalasHapus
  32. kalau mau manjing mujahir pakai lumut aja udah mantap,
    tapi faktor cuaca sngat berpengaruh,
    musim hujan+petir ikan akan bersembunyi,,
    cuaca yang paling pas itu abis hujan langsun cuaca cerah,,
    selamat mncoba,,

    BalasHapus
  33. Mancing nila/mujair umpanx udang rawa trus pake racun serangga biar udangx kluar, ikanx ke pinggir,,slamat mencoba

    BalasHapus
  34. Mancing mujair/nila klau kami d Sulawesi tenggara sblm mancing kami racun dulu udangx pake racun serangga,,klo udangx mabok udangx psti lompat2 d air nah ikan mujair paling senang liat udang lompat2 N pasti mengejarx..mancingx mancing ngambang pke udang rawa,,selamat mencoba

    BalasHapus

Komentar Anda sangat berarti sekali buat perkembangan blog ini, Terima kasih...

 

Pengikut

Slide

Loading...
Bagikan Bagikan
Top Fishing Websites at TopFishingSites.Com Add to Technorati Favorites Monitor link cyber-lake.com Top Fishing Sites

MANCING MANIA Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template